2013

Tahun 2013 kemarin cukup jadi tahun yang berkesan buat saya. Cukup banyak pengalaman, amanah, sesuatu yang baik buruk, sukses gagal, lucu garing dan sebagainya yang menghiasi hidup saya. Yang paling berkesan adalah saya berhasil kurus di bulan agustus! …

… Sebelum gendut lagi di bulan september (that’s escalated so quick broooooo)

*moment of silence*

Nah, bukan cuman pengalaman aja, banyak juga perkataan temen-temen, keluarga, dan bahkan orang yang gak saya kenal yang cukup mengena di hati saya dan masih keinget sampai sekarang. Berikut ini adalah beberapa halnya =))

1. “Ambis kau woy!”
Diucapkan oleh Eldwin , saat saya lagi duduk nganggur di dingdong (saya juga gak ngerti dalam rangka apa dia ngomong begituan -__-)

2. “Maaf nih ya, menurut gua ide lu gak realistis. Kalo boleh gua tambahin, mungkin gak bakal bisa dilakuin”
Diucapkan oleh salah seorang teman saat lagi ada FGD dalam sebuah event. Cukup dalem…. Tapi menyadarkan saya kalau sebenarnya kita harus punya prinsip “Mimpi idealis, eksekusi realistis” . Idealis susah buat jadi hal yang realistis? Salah satu trik sederhananya adalah bagi eksekusi2 nya jadi hal hal kecil yang sederhana.

3. ” Kalau mau minta sumbangan, jangan beginilah. Kalau mau minta, minta aja! Saya gak butuh stiker-stiker gini”
Diucapkan oleh:  ibu ibu tak dikenal saat lagi coba jualan stiker buat danusan sebuah kegiatan. Menyadarkan saya bahwa semua hal gak selalu mudah dan tidak semua orang bisa memahami sesuatu. Andai ada salah komunikasi, tugas kita sebagai penyampai untuk lebih menjelaskan dan pendengar untuk lebih mendengarkan apa yang dimaksud, bukan apa yang dikatakan.

4. “Itu bukan you don’t say, itu adalah solusi mudah yang kadang kita gak kerjain”
Diucapkan oleh:  Joshua , saat saya menceritakan bahwa masih ada aja orang yang bilang cara untuk manajemen waktu itu adalah pinter-pinter bagi waktu, dan solusi untuk bisa rajin adalah jangan males. Saya sepenuhnya (jadi) setuju ama Joshua.

5. “Kebanyakan skill ngoding itu dipengaruhi jam terbang sih”
Diucapkan oleh Ilmi. Lumayan jelas deh kayaknya.

6. “Kalo kau jadi blabla *sensor* aku bakalan nyalon jadi blabla *sensor*”
Diucapkan oleh Akbar. Kayaknya dia lumayan serius dah. Bagus sih haha.

7. “Kalau menuru gue, dengan berani tampol sebagai salah satu calon, itu lebih baik daripada cuman ada satu calon. Persaingan membuat masing2 calon jadi lebih baik sehingga orang yang kepilih bakalan jadi orang yang lebih baik”
Diucapkan oleh Kak Gilang, saat mau nandatangani proposal. Gak nyambung yak -_-

8. “Gak usah dek, dengan melihat mereka tampil aja, Ibu udah seneng”
Diucapkan oleh Bu Ani di sela-sela acara seminar tunagrahita di GSG Salman.

9. “Ganteng maneh ja”
Diucpakan oleh seseorang di balik cermin.

Itu dulu deh. Pegel ngetik kalo papan ketiknya gak nyata, haha.

Salam.
Diketik di rumah baru kakak sepupu sambil ngedengerin ayah saya karaoke.

Semester III

Seorang teman dari universitas lain ngetwit bahwa ini adalah semester yang berat di kuliahnya. Kebetulan, teman ini berasal dari rumpun keilmuan yang sama dengan saya.

Karena gituan, saya jadi pengen coba ngereview semester saya kuliah di kampus hahahaha.

Secara Umum
Secara umum, ini semester yang luar biasa…unik. Mata pelajaran yang diberikan adalah mata pelajaran yang benar akan dibutuhkan di semester selanjutnya (kalo TPB kan ada Kimia yang…belum nemu gunanya…). Bebannya menurut saya termasuk bervariasi, ada yang sulit dan ada yang cukup dimengerti. Yang mudah sih kayaknya gak ada hahaha. Yang paling berkesan dari saya dari semester ini adalah … gak ada. Semangat saya untuk belajar tekun di awal semester entah kenapa hilang. Gaya hidup saya juga berantakan di semester ini. Yah, saya tidak malu untuk mengatakan bahwa semester ini adalah semester yang cukup memalukan (mungkin, nilai belum keluar, semoga baguslah wkwkwk). Rasanya bukan adaptasi yang jadi masalah, tapi semester ini kami sudah jadi mahasiswa jurusan.

Kami sudah resmi kuliah. Sudah resmi untuk tidak terlalu disuguhi apa-apa lagi. Belajar mandiri jadi lebih ditekankan. Praktikum bukan berorientasi pada pengenalan tapi sudah ke arah pengujian. Tidak lagi bisa beralasan tidak bisa.

Yah, jadi beneran sesuai dengan definisi kuliah. Nah, sedikit curhat, di sinilah matinya saya. Saya termasuk orang yang lebih cenderung untuk mengerti di ruang kelas dan banyak berharap dari ruang kelas. Saya bukan orang yang suka mengulangi apalagi mendahului dalam belajar sesuatu. Saya tipikal pendengar dan penonton.

Salahnya lagi, dengan tipikal seperti itu, saya tidur di kelas -__-

Semester ini bisa dibilang adalah semester SKIP. Hahaha. Entah kenapa saya masih sanggup ketawa -_-

(Btw, ini cuman review dari sisi akademis aja yak.)

Per Mata Kuliah
1. IF2110 Algoritma dan Struktur Data
Kuliah ini mengajarkan algoritma dan struktur data (wow, that’s explain everything man -_-). Seriusan tapi, kuliah ini ngajarin kita beberapa struktur data dengan fitur kelebihan dan kekurangannya. Ngajarin kita untuk merepresentasikan persoalan ke dalam struktur data apa supaya pengerjaannya menjadi lebih gampang. Mata kuliah ini sangat menarik dan relatif cukup biasa aja. Tidak sulit dan tidak mudah. Praktikumnya….sulit hahaha. Selesai praktikum itu adalah hal yang sangat jarang. Dengan sense jurusan, seharusnya mahasiswa suka dengan mata kuliah ini. Bebannya 4 sks, kalau sukses di sini, bisa bantu banyak di nilai. Mata kuliah yang seharusnya bisa jadi matkul favorit. Matkul yang harus banyak nyoba dan banyak dengerin kayaknya. Oya, di sini ada tubesnya yang disuruh ngebuat game Saboteur. Dan kelompok saya jadi hahaha *emang ada yang enggak* . Bahasa yang digunakan : C

2. IF 2112 Pemograman Fungsional
Nah, kalau yang ini lumayan seru. Matakuliah ini lebih menekankan bagaimana menyelesaikan masalah lewat pendekatan fungsional (memanfaatkan operasi-operasi untuk ngasih nilai balik tanpa editing inputan). Mata kuliah ini, terutama bagian rekursif, berasa kayak teka-teki. Sangat menarik dengan beban yang relatif lebih mudah. Tipsnya berpikir sederhana dan manfaatin yang udah ada hahaha. True story ini, gimana saya ngeliat persoalan yang saya kerjain dalam 6 baris diselesein dengan 1 baris oleh temen saya. Btw, karena cuman 1 sks dan harus ngejar kurikulum, matakuliah ini dibuat mepet dalam 3 minggu (nyuri jadwal IF2110). Orang baru ngeh masuk kuliah, kami udah UTS -__-, berasa SP dalam semester biasa. Bahasa Pemograman : LISP.

3. IF2120 Matematika Diskrit
Mata kuliah yang cukup IF banget soalnya bicara hal-hal diskrit. Katanya sih, ini matematikanya informatika. Tapi emang sih, kerasa, soalnya banyak ngebahas himpunan, kemungkinan cara, bilangan, bahkan nyinggung-nyinggung struktur data sedikit. Menariknya adalah matkul ini mengharuskan buat paper. Paper tahun lalu keren-keren pisan wkwkwk. Paper saya ngebahas sesuatu yang rada obvius gitu -_-. Ini matkul yang relatif sulit namun gampaang dimengerti.kalo yang suka matematika biasa (bukan kalkulus), seharusnya suka ama matkul ini. Banyak hal-hal triki di matkul ini. Pemahaman jadi hal yang penting banget. Salah satu kesulitan di matkul ini adalah memastikan apa yang sebenernya diminta. Kegagalan saya di hal yang satu ini soalnya.

4. IF2121 Logika Informatika.
Belajar tentang benar atau salah dan pengambilan kesimpulan + pembuktian. Ada ngodingnya hahaha. Pake PROLOG. Mata pelajarannya cukup menarik, gampang dimengerti, tapi soalnya susah -_-. Kembali lagi, sering kali saya tidak mengerti apa yang sebenernya diminta dan bagaimana cara mendeliver prosesnya. Tugas besarnya sangat menarik tapi saya kelas saya gak dapet.

5. IF2122 Probabilitas dan Statistika.
Saya emang gak suka statistik. Tapi, matkul ini bisa dibilang sangat menarik. Mempelajari bagaimana ngurusin sampel, populasi, ngolah data dan blabla. Gak ngerti-ngerti amat, tapi menarik. Output dari pelajaran ini sebenernya menarik. Sayang, saya lumayan gagal di sini. Saya gak ngerti dasar dan konsep dan lebih cenderung ngehapalin rumus. Dan honestly, di matkul ini saya terancam -_-

6. IF2123 Aljabar Geomteri.
Ngebahas Matriks -__,-. Enggak susah, cuman ribet dan tidak menarik hahaha. Padahal dosennya baik ngasih soal kuis dan ujian mirip tapi tetep aja …. Ah sudahlah.

7. IF2130 Organisasi dan Arsitektur Komputer
INI MATA KULIAH APA ?!!!! *selu ja*
Ini mata kuliah yang paling wow di semester ini. Sebagian besar yang dijelaskan dosen tidak saya mengerti. Parahnya lagi, jokes-jokes yang dikasih dosennya di matkul ini , bahkan gak bikin saya ketua. Roaming tingkat dewa istilah-istilah yang digunain. Untuk orang yang lumayan suka ngoprek OS dan hal-hal hard teknis dari komputer dlln mungkin akan jadi menarik. Tapi salahnya saya bukan orang begitu -_-. Praktikumnya juga susah, untuk ada temen-temen dewa yang bisa ngajarin. Ngajarin ngerjain, tapi saya sendiri gak ngerti-ngerti amat sama yang saya lakukan. Selain itu, di sini diajarin assembly. Praktikumnya enmang susah, tapi seru kok. Kalo bisa ngerjain tuh kayak terbang ke langit ke tujuh terus ketemu burung garuda pake peci sambil bawa ijazah S1. Gak bisa dibayangin -_- hahaha *udah malem woy*. Saran saya, siapin linux berbasis ubuntu di PC anda hahaha.

8. KU2061 Agama dan Etika Islam
Ini bisa dibilang jadi mata kuliah yang refreshing di semester ini. Kegiatan kuliah banyak dihabiskan untuk mendengarkan dosennya menerangkan agama dengan pembawaan yang enak. Ditambah dengan sifat saya yang emang suka denger ceramah agama *ehem* , ngebikin pelajaran ini jadi pelajarannya yang enak banget. Matkul yang bisa ditumpangi tidur atau ngebutin tugas. Hal yang mematikan di matkul ini adalah UAS dan Presentasi Makalah. Ya, yang paling kece adalah presentasi makalah. Kebetulan di kelompok saya gak ada yang “anak masjid” dan ngeliat kelompok ceweknya dicecar pertanyaan yang islami banget, kelompok saya jadi pada deg-degan. Kalo agama ngasal jawabnya kan bisa kualat entar hahaha. Tapi baiknya adalah, moderator presentasi (baca : saya *gak mau ikut ditanya-tanyain*) bisa ngakalain waktu presentasi cuman sebentar doang dan ga banyak yang nanyan :”) . Plus, waktu itu yang kakak-kakaknya kayak ada tugas gitu jadi gak merhatiin banget wkwkkw. Alhamdulillah banget rasanya hahaha. Matkul ini juga ada mentoringnya. Nyumbang 30 persen penilaian dan saya cuman mentoring 3 dari 10 kali normalnya wkwkwk. Telat dapet kelompok soalnya. Mentoringnya asik banget, dapet kakak yang serumpun jurusan dan enak ditanya-tanyain. Kelompoknya pun nyantai dalam diskusi agama dan rela-rela aja menjawab pertanyaan yang sepele dari saya. Mata kuliah ini menginspirasi saya untuk ngebenerin bacaan quran dan gerakan shalat. Masya Allah. Saran : beli alquran lengkap yang ngandung info ayat, indeks, tafsir , dll. Meskipun ini matkul refreshing, plis jangan nganggap enteng pelajaran agama 🙂

Yah, begitulah kehidupan di semester III. Nilai entah gimana, jadi rada takut sebenernya. Semoga buat adik kelas, jangan mengulangi hal yang sama. Saya juga. Rajinlah belajar, manfaat waktu dengan baik dan JANGAN NUNDA-NUNDA. Kalo ada waktu cobalah baca buku setiap matkul. Mengutip kata dosen : “Jangan datang kuliah dengan otak kosong”.

Mungkin semester ini berat, cuman buat yang mau ngejalanin, seriusan, dengan kerja keras sedikit, seharusnya kalian bisa sukses di semester III. Semoga bisa lebih baik dari saya ya 😀

Salam.
Ditulis sambil nahan kencing dan berhasil tidak mandi satu hari ini.