Dana, Uang, dan Saya.

Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam penulisan blog ini, saya belum menemukan gaya penyampaian yang pas. Tadi saya iseng-iseng buka 20 Think I Learned dan merasa gaya penyampaiannya keren banget. Menggunakan bahasa yang lumayan santai buat ngungkapin hal yang lumayan serius. Semoga saya bisa nemuin cara terbaik buat berkomunikasi dengan tulisan 😀

Tulisan ini termasuk sesi curhat doang sih hahaha.

Ceritanya bulan ini pengaturan uang saya — sedang — cukup buruk. Yah, kalian taulah, sebagai anak kosan yang baik dan benar, kita harus bisa mengatur uang dengan baik dan benar pula.

Tapi, di bulan ini, aliran dana saya gak sehat. Maksudnya, pengeluaran dan pemasukan saya tidak bisa manage dengan tepat sehingga bisa miss-komunikasi dalam ngatur duit (oke ini ane, padahal yang ngatur saya sendiri tapi bisa miss komunikasi -_______- ).

Tapi, ya gapapalah. Toh, kita orang mahasiswa masih belajar buat manage kita orang punya hidup 😛

Dari Sini Nih : https://muzavan.files.wordpress.com/2013/02/anak-kos.jpg

Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari money management buat bulan ini.Semoga bermanfaat buat kalian yang juga sedang belajar buat ngatur duitnya sendiri 😀

1. Nabung itu di awal bukan diakhir.

Yang ini, saya dapet pencerahan dari salah satu blogger dan comic favorit saya, Ernest Prakasa di tulisannya yang ini. Idenya dia simpel. Kalo anda cuman mikir “oke, gua bakalan save apa yang sisa di akhir bulan” maka percayalah kemungkinan uang anda nyisa dia akhir bulan bakalan kecil. Kenapa? Yah, —kalo menurut saya — kita bakalan (entah kenapa) berhasrat buat memaksimalkan daya konsumsi kita. Jadi, mendingan dana yang udah disiapin buat ditabung dipisahin aja langsung dari uang konsumsi kita.

2. Jangan pernah pelit buat investasi.

Investasi di sini yang saya maksud di sini adalah pembelian barang yang (mungkin) hanya sekali anda beli. Misal, anda beli kipas angin buat kamar kosan. Langsung aja beli kipas angain dengan kualitas 100% atau lebih. Jangan mau beli harga 80% dengan kualitas yang <70%. Investasi ini keluarnya sekali doang. Jadi, pastiin anda beli yang bener-bener bagus sekalian. Jangan yang jelek, entar nyesel terus keluar dana lagi buat cari invest yang lebih bagus.

Btw, saya juga dapet pencerahan nih hasil searching di Youtube. Saya nemuin salah satu ceramahnya Ippho yang membeberkan gaya hidup Nabi Muhammad saw.. Nabi Muhammad hidup dalam kesederhanaan, namun untuk pemilihan senjata dan baju perang, beliau tetap memilih yang kualitasnya nomor wahid. Kira-kira gitu tuh prinsip yang musti dijalanin 😀

3. Investasi itu Luas

Investasi itu banyak banget macamnya. Nah, salah satu yang paling penting adalah kesehatan anda. Jangan pernah menyiksa diri anda dengan berbagai hal yang mengancam kesehatan anda. Inget loh, biaya buat penyembuhan dari sakit itu jauh lebih menyita kita daripada menjaga kesehatan. (True story : saya sakit dan kepaksa (nggak juga sih -__-) makan banyak. Buat saya, sakit menurunkan nafsu makan itu MITOS doang -____________-)

Okedeh, mungkin itu dulu yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat 😀

4. Catet!

Kalo bisa aliran dana yang masuk dan keluar ke kantong kalian, harus dicatet. Saya ngalamin sendiri, ini duit beredar tapi gak tau buat apa dan duit keluar tapi gak tau ke mana.

“Kenapa musti dicatet? Nginget doang juga bisa!”

Gatau dengan kalian, tapi kalau menurut saya, itu juga mitos. Pasti ada aja yang kelupaan -___-

Dengan memiliki catatan, kita bisa memiliki data yang valid mengenai aliran dana kita. Dengan begitu, kita bisa analisis nih, dimana penggunaan uang yang efektif dan efisien dan di mana ada pengeluaran yang ‘bocor’. Tapi, jujur aja ,hal ini juga kadang saya lupa kerjain soalnya (ngerasa sok) sibuk. Selain itu, kalau kalian iseng, kalian juga bisa membuat sebuah persamaan matematis dari pola pengeluaran dan pemasukan kalian sehingga kalian bisa membuat analisis pengeluaran minimum dan pemasukan maksimum dengan menggunakan prinsip turunan. Hahaha. #abaikan

Demikian sharing saya kali ini, kalo kalian ada saran atau tips buat ngatur duit, silahkan di share juga di komen 😀 !

(Ditulis dengan keadaan kaki agak sakit karena — dengan bodohnya– saya kesandung 3 kali dan kecebur satu kali waktu tadi jalan balik tadi -________- )